• SMK NEGERI 1 SAWAHLUNTO
  • Sekolah Menengah Kejuruan Bisnis Majemen

SMKN 1 Sawahlunto Raih Dua Sales Award Tingkat Nasional

SAWAHLUNTO – Di bulan Agustus ini, SMKN 1 Sawahlunto berhasil melaju ke tingkat provinsi dan meraih dua Sales Award tingkat nasional melalui lomba ASPIRA Sales Award 2018 dan lomba Khong Guan SMK Jago Jualan 2018.

Kepala SMKN 1 Sawahlunto, Agus Sri Harjanto menyatakan, sekolahnya tak hanya menambah inovasi, pengetahuan dalam proses belajar-mengajar, praktek lapangannya dan ekstrakurikulernya, tapi juga dengan mengikuti event-event tingkat nasional.

“Kegiatan dan lomba yang diikuti sekolah untuk meningkatkan kreatifitas pengetahuan kejuruan serta sangat dibutuhkan dalam dunia usaha dan industri sesuai dengan jurusan yang ditekuni,” sebut Agus.

Ia menambahkan, SMKN 1 Sawahlunto memiliki enam jurusan, yaitu teknik komputer jaringan, akuntansi, akomodasi perhotelan, pemasaran dan tata busana kerap mengikuti kegiatan dan lomba. Khusus Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran melalui program Kemendikbud, implementasi pemasaran secara komprehensif bagi sekolah tingkat SMK jurusan pemasaran.

Ketua Jurusan Bisnis Daring Dan Pemasaran, Dra. Aditia Warlita Eveyenti menambahkan, untuk mengikuti lomba implementasi pemasaran yang sponsor acara adalah PT. Astra Otoparts Tbk dan PT Khong Guan Biscuit Factory Indonesia, SMKN 1 Sawahlunto berhasil lolos di tingkat provinsi dan berkompetisi di nasional.

Pada lomba ASPIRA Sales Award 2018 dengan tema “Saya Jago Sales” pada final April 2018 lalu, SMKN 1 Sawahlunto berhasil masuk 10 besar nasional dari 25 provinsi yang ikut. Dengan progress strategi pemasaran, keberhasilan penjualan dan pemanfaatan media online dalam pelaporannya setiap harinya selama proses kompetisi, jelas Aditia Warlita.

Siswa yang ikut lomba didampingi seorang mentor langsung dari KSI (Komisi Sales Indonesia) provinsi. SMKN 1 Sawahlunto meraih juara harapan II Nasional.

Sedangkan untuk lomba Khong Guan SMK Jago Jualan 2018 yang pelaksanaannya Februari lalu, pada final yang dilakukan Agustus 2018, dengan kriteria penilaian meliputi omset penjualan, presentasi produk, keaktifan, dan kreatifitas pemanfaatan sosial media.

“Selama kompetisi tahap seleksi, peserta wajib melakukan laporan langsung dan upload foto aktivitas ke facebook dan instagram panitia Khong Guan. Siswa SMKN 1 Sawahlunto dengan kelompok “Gensarana” singkatan Generasi Sawahlunto Rancak Bana, lolos di tingkat provinsi dan berhasil sebagai top ten 10 finalis pada final yang digelar di Jakarta, yakni peringkat 7 besar dari 242 tim dari 23 propinsi yang mengikuti iven ini

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Pembelajaran E-learning

Sesuai Dengan Surat Kementrian, Gubernur, Walikota, Bupati serta Kepala Dinas Provinsi Sumatera Barat Terkait Dengan Wabah Virus Covid-19, Bahwasanya Seluruh aktivitas Guru, Tenaga Kepe

08/04/2020 16:48 WIB - Dendy Septa Maydrian
Juara LKS Tingkat Provinsi

Bidang Teknik Komputer Jaringan dan Administrasi Perkantoran

08/04/2020 16:47 WIB - Dendy Septa Maydrian